Cetak DTG Merupakan Sablon Kaos Masakini

Jaman sekarang banyak teknologi canggih bermunculan menggantikan teknologi-teknologi lama yang terlalu banyak proses yang harus dilampauin. Termasuk dalam hal sablon kaos. Ini ditandai dengan munculnya suatu printer yang bisa mencetak gambar di media kaos secara langsung ( Direct To Garment ). Printer DTG sangat berbeda dengan screen sablon atau sablon digital Print Transfer Paper. Cetak DTG merupakan teknik baru untuk sablon kaos.

Printer DTG yang banyak beredar di Indonesia merupakan hasil modifikasi printer kertas biasa. Jenis Printer Epson paling banyak dimodifikasi dikarenakan printhead epson memiliki teknologi micropiJenezzo yaitu suatu cara menembak tinta dengan teknologi tercanggih.


cetak kaos satuan dtg, cetak kaos dtg, cetak dtg, kaos dtg,  kaos, dtg
Printer DTG


Cetak DTG dibandingkan Sablon Screen Manual


Perbedaan paling nyata dengan sablon screen manual adalah teknologinya. Dengan menggunakan printer DTG dan komputer, kita hanya tinggla perintah print melalui komputer langsung ke printer, kemudian printer mencetak ke kaos. Berbeda sekali dengan sablon manual yang harus menyiapkan screen film, afdruk, harus menggesut yang tentunya memakan waktu yang sangat lama.

Proses sablon DTG tidak lebih dari 30 menit untuk satu kaos dari proses awal sampai finishing. Jika sablon screen manual akan memakan waktu berjam-jam dari proses setting film sampai finishing. Perbedaan lainnya adalah proses belajar sablon dengan DTG relatif agak cepat.



cetak kaos satuan dtg, cetak kaos dtg, cetak dtg, kaos dtg,  kaos, dtg


Desain yang akan disablon juga jauh berbeda antara desain untuk Cetak DTG dengan desain untuk Sablon manual. Sablon DTG tidak ada batasan warna sablon, bahkan bisa mencetak foto atau desain dengan gradasi halus.

Cetak Kaos DTG sebagai teknologi yang sedang berkembang


Printer DTG merupakan teknologi terbaru, karena baru tahun 2004 teknologi ini muncul. Bahan penunjang seperti tinta dan software seiring waktu akan menyesuaikan diri dengan teknologi ini. Kami percaya bahwa teknologi printer DTG ini akan terus berkembang dan semakin canggih.